[Perjalanan Menuju FKUI] Jogi Saut Pangidoan Putratama Sianturi



Saya adalah mahasiswa FKUI 2016. Pertama-tama saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya adalah Jogi Saut Pangidoan Putratama Sianturi. Nama panggilan saya adalah jogi. Saya lahir di Dili pada tanggal 21 Februari 1995. Dili adalah nama salah satu kota di Timor-Timor, yang sekarang sudah tidak bergabung lagi dengan Indonesia. Saya merupakan anak kelima dari lima bersaudara. Saya memiliki tiga orang kakak perempuan dan satu orang kakak laki-laki. Sejak kecil saya memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Saya memilih cita-cita itu karena saya ingin melayani masyarakat yang bermasalah dengan berbagai penyakit dan menolong mereka dengan kemampuan saya. Cita cita yang saya impikan sejak kecil tersebut ternyata didengarkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan segala kerja keras, kemampuan dan doa terus menerus yang saya lakukan, akhirnya pada tahun 2016 ini Tuhan menjawab doa saya. Saya diterima sebagai mahasiswa fakultas kedokteran universitas Indonesia lewat jalur ujian tulis. Saya berhasil menempati satu bangku yang disediakan pihak fkui dengan mengalahkan banyak pesaing dari seluruh Indonesia.
Kita semua tahu bahwa dokter merupakan salah satu pekerjaan yang amat sangat berisiko,karna dokter adalah pekerjaan yang berkaitan dengan nyawa seseorang. Untuk menjadi dokter diperlukan kedisiplinan dalam bertindak pada segala aspek. Maka dari itu saya memilih fakultas kedokteran universitas Indonesia sebagai langkah awal saya untuk belajar mengenai kedokteran karena kita semua tahu fakultas kedokteran universitas Indonesia merupakan fakultas kedokteran yang menempati urutan pertama pada daftar jurusan di segala universitas yang ada di Indonesia.
Usaha yang saya lakukan untuk masuk fakultas kedokteran universitas Indonesia adalah dengan belajar sungguh-sungguh dan fokus pada pilihan saya. Dengan usaha yang gigih ditambah dengan doa yang tulus kepada Tuhan Yang Maha Esa pastilah kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. Tips yang dapat saya berikan untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran universitas Indonesia adalah dengan selalu fokus dan percaya pada kemampuan yang kita miliki. Usaha dan kerja keras tidaklah cukup untuk mendapatkan sesuatu yang besar, tetapi harus dilandaskan dengan hati yang ikhlas dan doa yang sungguh-sungguh yang dapat menaklukkan segala rintangan di depan kita.
Hal yang paling tidak bisa saya lupakan adalah saat menunggu hasil pengumuman SBMPTN. Saat itu saya hanya menghabiskan sebagian besar waktu saya dirumah dan berdoa terus menerus agar Tuhan menjawab doa permohonan saya. Saya jarang sekali keluar dari rumah karena saya hanya fokus memikirkan apa yang akan terjadi disaat hari H pengumuman. Namun pada saat tiba hari pengumuman saya membuka pengumuman dengan hati yang penuh keyakinan,karena saya percaya Tuhan akan menjawab doa saya kali ini. Dan benar saja saya diterima di fakultas kedokteran universitas Indonesia. Dengan segala ucapan syukur saya menangis kehadirat Tuhan karena atas izinnya saya dapat diterima di fakultas terbaik yang ada di universitas Indonesia.
Harapan yang saya inginkan kepada diri saya adalah kelak saya dapat menjadi dokter yang sukses,terkenal dan rendah hati yang selalu dekat kepada semua lapisan masyarakat. Dokter yang dapat menjadi contoh kepada sesama profesi, serta dokter yang dapat diandalkan bagi nusa dan bangsa. Harapan lain yang saya inginkan adalah agar keluarga saya selalu mendukung saya dari belakang segala hal yang akan saya lakukan mulai dari tingkat 1 di fakultas kedokteran universitas Indonesia ini. Keluarga yang selalu ada dan sedia membantu saya dalam proses pembelajaran saya di dunia kedokteran saat ini. Dan yang terakhir, harapan saya adalah agar fkui dapat membantu saya mengembangkan ilmu saya untuk menjadi dokter yang berhasil dan berguna bagi bangsa dan negara kita yaitu negara Indonesia. Saya percaya dengan kemampuan fkui dan segala aspek di dalamnya dalam mengembangkan kualitas setiap individu yang ingin berkembang menjadi dokter yang berkompeten.

Motivasi yang dapat saya berikan kepada teman-teman yang ingin masuk di fakultas kedokteran UI adalah dengan selalu bersungguh-sungguh dalam belajar, doa terus menerus minta agar Tuhan membukakan pintuNya untuk cita cita kita, serta dengan selalu mendengarkan dan patuh akan omongan orang tua. Karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita semua telah berusaha dengan maksimal dan selalu berdoa dengan ikhlas agar Tuhan mendengarkan doa kita. Sesuatu yang besar tidak akan datang dengan mudah, namun segala sesuatu yang besar datang dari sebuah pengorbanan yang luar biasa.

Komentar

  1. Nadzila Anindya Tejaputri14 Agustus 2016 pukul 23.05

    Wah,perjuangan lo terbayarkan ya!selamat selamat!goodluck ya :D

    BalasHapus
  2. Pak Jogie sekarang bisa sembuhin kaki bengkaknya sendiri ya.. Keren, keren..

    BalasHapus
  3. anjay jogiee selamat yaa dan semoga sukses jadi dokternyaa!

    BalasHapus
  4. Mantapp boss keep up the good work!

    BalasHapus
  5. uuu keren bgt jog semangat yaa panjang bgt tp worth it laah

    BalasHapus

Posting Komentar